Sertifikasi Meningkatkan Reputasi Anda




Sertifikasi merupakan pengakuan atas keahlian yang dimiliki (Sumber foto Freepik.com)

Sertifikasi adalah suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi profesional terhadap seseorang untuk menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik. 

Bagi Anda yang merasa kemampuan yang dimiliki sudah maksimal dan ingin menambah keahlian maka sertifikasi menjadi solusinya. Keahlian baru selain meningkatkan reputasi juga untuk mempersiapkan Anda jika diberikan kepercayaan jabatan baru oleh atasan.

Manfaat Sertifikasi

Berikut ini beberapa manfaat mengikuti sertifikasi :

#1. Dengan mengikuti program sertifikasi maka keahlian Anda akan meningkat.  Dengan meningkatkan keahlian maka akan mempunyai modal daya saing yang lebih unggul dibandingkan karyawan lain.

#2. Memiliki sertifikasi akan meningkatkan kinerja Anda. Kinerja yang baik tentunya akan diikuti dengan potensi kenaikan gaji.

#3. Harapan kita perusahaan masih mempekerjakan Anda. Namun apabila perusahaan tidak lagi memberikan kesempatan Anda bekerja, maka dengan mempunyai sertifikasi akan lebih mudah mencari pekerjaan baru.

#4. Bagi Anda yang menginginkan karier meningkat, maka sertifikasi menjadi salah satu solusi. Anda mempunyai keahlian dan kemampuan yang telah diakui oleh lembaga pemberi sertifikasi.

#5. Sertifikasi akan menambah Curriculum Vitae baik untuk melamar pekerjaan maupun melengkapi data diri sebagai karyawan. Bahkan gelar sertifikasi dapat dicantumkan pada kartu nama Anda.

Sedangkan bagi perusahaan juga mendapatkan manfaat dari karyawan atau calon karyawan yang menyandang sertifikasi yaitu :

#1. Perusahaan khususnya bagian HRD (Human Resources Development) akan lebih mudah untuk melakukan rekrutmen kepada calon karyawan yang telah memiliki sertifikasi keahlian.

#2. Perusahaan yang mempekerjakan karyawan yang memiliki sertifikasi akan lebih mudah dalam melakukan proses bisnis baik dalam perencanaan, eksekusi, monitoring dan evaluasi.

#3. Semakin banyak karyawan yang mempunyai sertifikasi keahlian maka kinerja perusahaan akan meningkat, sehingga tujuan perusahaan untuk meraih keuntungan semakin besar.

#4. Dengan memiliki tenaga yang ahli, maka perusahaan dapat meyakinkan kepada para pemangku kepentingan, sehingga akan meningkatkan reputasi perusahaan.

Program sertifikasi memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi melihat manfaatnya maka tidak ada salahnya untuk mengeluarkan dana sebagai  investasi tak berwujud. 

Memang ada beberapa perusahaan yang menanggung sepenuhnya atau sebagian dari biaya yang dikeluarkan. 

Berikut ini beberapa sertifikasi yang dapat menjadi pertimbangan :

Bidang Pemasaran

1. CPM (Certified Professional Marketer)-Indonesia

CPM-Indonesia atau ICPM (Indonesia Certified Professional Marketer) diberikan kepada praktisi pemasaran Indonesia yang dikeluarkan oleh IMA (Indonesia Marketing Association).

Program ini akan mempelajari Riset Pemasaran, Strategi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, serta mempelajari kasus-kasus pemasaran di Indonesia. Syarat peserta adalah pendidikan minimal D3 dengan pengalaman di bidang pemasaran selama 4 tahun.

2. CPM (Certified Professional Marketer)-Asia

 

Foto medali CPM-Asia (Marthatilaar.com)

Foto medali CPM-Asia (Marthatilaar.com)

 

CPM-Asia hampir sama dengan CPM Indonesia namun cakupannya lebih luas yaitu di kawasan Asia. Artinya sertifikasi ini diberikan para profesional pemasaran yang menguasai pemasaran dan bisnis di kawasan Asia baik secara akademisi maupun praktis. Sedangkan lembaga yang menerbitkannya yaitu AMF (Asia Marketing Association).

Syarat kandidat adalah pendidikan minimal S1 dan pengalaman di bidang pemasaran selama 5 tahun. Modul yang dipelajari meliputi Marketing Research, Marketing Strategy, Integrated Marketing Communication, Asia Business Management dan Asia Business. Biaya yang harus dikeluarkan sebesar 15 juta.

Bidang HRD (Human Resources Development)

1. Certified Human Resources Staff

Program pelatihan dan sertifikasi untuk staf HRD, yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Syarat peserta minimal pendidikan D3 dengan pengalaman sebagai staf HRD selama 3 tahun. Materi pelatihan antara lain Cara Rekrutmen Karyawan, Menyeleksi Data Pelamar, Mengelola Proses Evaluasi Kinerja Karyawan, Menghitung Upah Lembur dan sebagainya. Sertifikasi ini memasang biaya sebesar 5.5 juta.

2. Certified Human Resources Supervisor

Pelatihan dan sertifikasi di peruntukan karyawan pada level supervisor HRD. Syarat peserta berpengalaman minimal 2 tahun sebagai Supervisor  HRD. Pelatihan mempelajari  Strategi Pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia), Pengembangan Organisasi, Pengelolaan Karier, Hubungan Industrial, dan sebagainya. Besarnya biaya adalah 7,8 juta.

3. Certified Human Resources Manager

Sertifikasi ini diberikan untuk level Manajer HRD. Syarat peserta berpengalaman sebagai Manager SDM minimal 1 tahun atau Supervisor SDM dengan minimal pengalaman kerja selama 3 tahun. Pelatihan mempelajari Pengembangan SDM, Manajemen Karir, Pengembangan Organisasi, Sistem Informasi Kerja, dan sebagainya. Biaya yang harus dibayar sebesar 9.5 juta.

Bidang Keuangan

1. Chartered Financial Analyst (CFA)

 

CFA (viktorgavrilov.com)

CFA (viktorgavrilov.com)

 

CFA merupakan sertifikasi di bidang investasi dan keuangan.  Sertifikasi ini dikeluarkan oleh CFA Institute dan ujiannya meliputi tiga level  1,2 dan 3. Program ini diselenggarakan oleh perguruan tinggi maupun non perguruan tinggi. Pelatihan mempelajari Ethics and Professional Standards, Corporate Finance, Economics, Portofolio Management, dan sebagainya.

2. Certified Public Accountant (CPA)

CPA adalah sertifikasi untuk para akuntan publik. Program ini diselenggarakan oleh IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia). Pelatihan mempelajari pengetahuan teoritis seperti Akuntansi, Audit, Perpajakan, Pengendalian Internal, Ekonomi Makro dan Mikro, dan sebagainya.

Bidang Produksi

The New Product Development Professional (NPDP) certification, sertifikasi ini dikeluarkan oleh Product Development and Management Association (PDMA). Sertifikasi diberikan kepada kandidat yang memiliki kemampuan manajemen dan mengembangkan produk. Program ini di Indonesia diselenggarakan oleh perguruan tinggi swasta di Jakarta, tetapi saat pandemi sekarang ini dilakukan secara online.

Demikian beberapa pilihan sertifikasi sesuai dengan bidangnya. Anda dapat menemukan dengan mencari di dalam Google. Sebaiknya membandingkan beberapa lembaga penyelenggara, karena trainer dan biaya dapat berbeda-beda. 

Selamat mengikuti sertifikasi untuk meningkatkan keahlian dan menambah rekam jejak curriculum vitae.

Rujukan :

  • www.synergysolusi.com
  • imajakarta.org
  • hrdspot.com
  • bigalpha.id
  • ppa-feui.co.id

References Link:

Leave a comment

Post Comment

Related Post