R&D Penting Bagi Pertumbuhan Perusahaan, Mengapa?




Foto dari Pexels.com

Tantangan pasar terbuka yang telah mendunia dan di bawah tekanan persaingan dengan kompetitor, bisnis sekarang harus mendapatkan tingkat kinerja yang lebih tinggi dari biasanya.

 

Dalam konteks itu, pengelolaan kegiatan R&D (Research & Development) adalah faktor kunci yang memungkinkan pencapaian pertumbuhan di masa depan karena pada akhirnya mengarah pada peningkatan pengetahuan perusahaan, kapasitas teknologi yang lebih baik dan produk serta proses inovasi.

 

Dengan kata lain, R&D adalah proses penting untuk membawa inovasi ke perusahaan, faktor pengembangan strategis utama bagi setiap bisnis yang ingin beroperasi di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa fakta yang perlu diketahui untuk menangkap esensi dari pelaksanaan kegiatan R&D di perusahaan.

 

Definisi R&D

 

Dalam Frascati Manual edisi ke-6 (2006) OECD mendefinisikan penelitian dan pengembangan (R&D) sebagai "kegiatan yang dilakukan untuk tujuan menemukan atau mengembangkan produk baru, termasuk versi atau kualitas yang ditingkatkan dari produk yang ada, atau menemukan atau mengembangkan yang baru atau proses produksi lebih efisien ".

 

Dengan demikian, kegiatan R&D menghasilkan kerja kreatif sistematis yang menghasilkan pengetahuan baru yang kemudian dapat digunakan untuk merumuskan seluruh produk baru serta untuk meningkatkan yang sudah ada.

 

Pentingnya R&D untuk Inovasi

 

R&D harus dipahami sebagai fase pertama yang diperlukan dari setiap proses yang mengarah pada inovasi teknologi. R&D mewujudkan visi jangka panjang suatu perusahaan dan strateginya ketika inovasi lebih banyak beroperasi dalam model ekonomi jangka pendek perusahaan. 

 

Pada akhirnya, R&D terdiri dari menginvestasikan uang untuk menemukan produk, layanan, atau proses inovasi yang akan memungkinkan perusahaan memperoleh sebagian berkat inovasi yang di temukan.  

 

Dalam arti itulah R&D sangat penting jika Anda ingin perusahaan Anda menjadi inovatif. Pengalaman dan pengetahuan yang terakumulasi berkat kegiatan R&D meningkatkan inovasi untuk perusahaan mana pun (Brouwer et Kleinknecht, 1996).

 

Pada akhirnya, investasi dalam R&D akan memungkinkan memperoleh teknologi dan kapabilitas masa depan yang pada akhirnya dapat dikonversi menjadi produk, proses, dan layanan baru.

 

Keuntungan R&D

 

Menerapkan dan mengelola kegiatan R&D dalam bisnis menawarkan keuntungan luar biasa bagi perusahaan. Secara keseluruhan, ini memungkinkan untuk menciptakan lingkungan dalam organisasi yang menguntungkan untuk mempertanyakan proses dan produk, karena itu mendorong fleksibilitas perusahaan dan kemampuannya untuk mengintegrasikan konsep dan proses baru.

Oleh karena itu, ini akan memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan cara yang efisien untuk perubahan pasar (Freel, 2000).

 

Beberapa keuntungan utama lainnya termasuk yang berikut:

 

  • Hak Paten 

 

Melalui pengembangan kegiatan R&D, perusahaan dapat memperoleh hak paten produk baru yang telah di kembangkan. Ini dapat membantu mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan memosisikan perusahaan dalam situasi yang sangat nyaman di pasar  dan karenanya mendapat keuntungan dari peluang jangka panjang.

 

  • Biaya

 

Jika Anda mendorong kegiatan R&D akan mengurangi biaya produksi dan meningkatkan proses, itu dapat memberi Anda proses yang lebih murah untuk memproduksi produk dan karenanya memberi mereka harga yang lebih bersaing untuk pelanggan atau meningkatkan margin keuntungan.

 

  • Financing/Pembiayaan 

 

Ketika ingin mengumpulkan dana, aktivitas R&D adalah tema yang bagus untuk membuktikan visi perusahaan kepada calon investor. 

 

Dengan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki struktur yang tepat untuk berinovasi terus-menerus, itu akan membuat mereka mengerti bahwa perusahaan memiliki segala yang dibutuhkan untuk memenuhi pertumbuhan berkelanjutan.

 

Investor mencari untuk berinvestasi di perusahaan yang memiliki pendekatan proaktif untuk mengelola bisnis mereka, investasi dalam R&D akan membuktikan bahwa Anda adalah salah satunya.

 

  • Rekrutmen

 

Karyawan berbakat juga tertarik pada perusahaan inovatif yang melakukan hal-hal menarik. Dengan kegiatan R&D yang sukses, kandidat yang memenuhi syarat akan bersemangat untuk bergabung dengan perusahaan Anda.

 

Apakah R&D untuk Perusahaan Besar?

 

Ada kesalahpahaman bahwa R&D adalah domain perusahaan besar di sektor teknologi tinggi dan farmasi. Ada kemungkinan perusahaan kecil tidak dapat bersaing dengan miliaran yang dihabiskan perusahaan-perusahaan sektor ini untuk R&D, tetapi itu tidak berarti R&D tidak mungkin dilakukan untuk Anda.

 

Anda dapat dan harus menemukan alternatif dan ide-ide kreatif untuk menjamin kemampuan inovasi perusahaan. Aktivitas R&D pada dasarnya penting karena mewujudkan proses keseluruhan yang mengarah pada inovasi.

 

Dan seperti yang Anda tahu, inovasi adalah kunci hari ini untuk mengalahkan pesaing. Mengetahui fakta-fakta ini, Anda harus mulai bertanya-tanya bagaimana dapat membawa kegiatan Litbang dalam perusahaan dan strategi apa yang harus diterapkan.

 

Artikel ini telah tayang di Kompasiana, 20 April 2020

*Sumber foto dari Pexels.com

References Link:

Leave a comment

Post Comment

Related Post